Thursday, November 24, 2011

Profil Radio

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk menuju jalan kebenaran dan pembeda antara kebenaran dengan kebatilan. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah ke haribaan Rasul-Nya yang telah mendidik umat dengan bimbingan wahyu sehingga orang-orang yang menemaninya dalam berdakwah menjadi umat terbaik dan teladan bagi umat manusia setelah mereka.
I.  Latar Belakang
Radio Suara Sunnah adalah Radio yang berada dibawah naungan progam Yayasan As-Sunnah yang merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang dakwah dan sosial yang didirikan sejak tahun 2004 dan telah memiliki berbagai program kegiatan dakwah antara lain:
    • Program Dakwah Umum dan Pendalaman Dienul Islam. Yaitu kegiatan dakwah untuk umum yang tersebar di berbagai tempat di kotaMalang.
    • Penerbitan Buletin Dakwah ‘As-Sunnah’. Sebuah buletin yang berisi materi Islam secara global meliputi akidah, fiqih, akhlak, dan lain-lain. Terbit setiap Jum’at dan disebarkan di masjid-masjidKotaMalang.
    • Raudhatul Athfal “As-Sunnah” yang terdiri dari 2 tingkatan: kelas A, Kelas B. Saat ini menempati sebuah rumah di Jl. Borobudur IV/ 1DMalang.
    • Ma’had As-Sunnah lil Banat (PendidikanSetingkatSDkhusus putri). Saat ini menempati sebuah rumah di Jl. Borobudur IV/ 1DMalang.
    • Ma’had As-Sunnah Al-Mutawashithah (Pendidikan Setingkat SMP khusus putri). Saat ini menempati sebuah rumah di Jl. A.Yani gg 2 Malang.
    • Ma’had As-Sunnah lil Abna’ (PendidikanSetingkatSDkhusus putra). Saat ini menempati sebuah rumah di Jl. Ikan Hiu No. 2Malang.
        Alhamdulillah semua program kegiatan yang kami laksanakan dapat berjalan dengan baik. Bahkan seiring dengan berjalannya waktu, aktivitas-aktivitas dakwah di atas menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dan semakin menyebar di berbagai tempat di kotaMalang.
           Karena kegiatan yang kami lakukan terutama Ta’lim/Pengajian umum tersebut dalam keadaan terpencar-pencar dan tidak semua anggota majelis taklim maupun kaum muslimin secara umum yang antusias untuk mengikutinya tidak bisa hadir dikarenakan beberapa sebab.
         Oleh karena itu untuk memfasilitasi kebutuhan mereka akan pencerahan agama ini kami berupaya mengadakan Radio FM yang saat ini dalam proses persiapan dan yang sudah berjalan adalah Radio Streaming di www.as-sunnah.web.id  dan terbatas hanya  pada kalangan tertentu saja  yang bisa memanfaatkannya ,oleh karena itu kita bermaksud mengadakan Radio Flexi Suara Sunnah agar kegiatan kami bisa diikuti semua kalangan masyarakat pengguna Flexi.
           Serta menimbang dan melihat  jumlah peserta majelis taklim sekitar 500 orang , wali santri sekitar 300 org dan terkhusus yang sudah tergabung dalam flexi milis  Salafyml  yang terus meningkat dengan jumlah anggota pada saat ini  218  nomor dalam dan luar area Malang .
II.   Tujuan Kegiatan
         Menciptakan sarana da’wah yang lebih bisa dijangkau masyarakat luas yang didasari dengan nilai-nilai Islam sebagai upaya menanamkan nilai nilai akhlaq mulia bagi kaum muslimin dalam bermasyarakat dan berwarga negara serta mampu menegakkan dakwah Islam di tengah umat terutama pengguna Flexi.
III.   Landasan Kegiatan
* Allah Ta’ala berfirman:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى اْلبَرَّ وَالتَّقْوَى
Artinya: “Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan takwa.” (QS. Al-Ma`idah: 2)
اُدْعُ اِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَاْلمَوْعِظَةِ اْلحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِى هِيَ اَحْسَن
Artinya :“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmahdan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik..”(QS An Nahl 125)
IV.     Rencana Progam
                Pembuatan Radio Flexi Suara Sunnah ini  diharapkan dapat terlaksanakan dalam waktu  dekat setelah proses administrasi selesai dilaksanakan dengan progam isyaAllah waktu siaran dimulai pukul 05.00-20.00 WIB dengan prosentase 85% materi agama & dakwah , 5% materi penerangan dan informasi, 10% acara penunjang lainnya.
V.        Lokasi Sekretariat
               Lokasi Sekretariat yang saat ini juga sebagai Studio pengelolaan Radio Streaming  Suara Sunnah adalah di  Ma’had As-Sunnah Jl.Ikan Hiu No 2 RT 03  RW 05 Kel. Tunjung Sekar Kec. Lowokwaru, Kota Malang , Jawa Timur. Telp 0341 4345773 Cp: 03417764393 / 081334415668.  Website: www.as-sunnah.web.id Email: radioassunnahmlg@yahoo.com
VI.     Susunan pengurus Radio Suara Sunnah
Susunan pengurus Radio Suara Sunnah Malang adalah :
Penasehat  : Al Ustadz Usamah Faisol Mahri dan Al Ustadz Ahmad Khodim
Penanggung jawab : Ketua Yayasan As Sunnah
Koordinator Progam : Abu Ukasyah Faishol
Sekretaris : Faishal Dais ,SE
Bendahara : Abu Ibrohim Ahmad
Sie Penyiaran : Abdurrohman,Khoirudin
Sie Dokumentasi  : Royyan
Sie Teknik : Nur Ahmad ,ST ,Alfan,
Sie Humas : Harist,Hardi
VII.    Pendanaan
Dalam melaksanakan progam ini, kami mengusahakan dana operasional melalui sumber:
    1. Kas Majelis Taklim dan Dakwah As-Sunnah
    2. Bantuan muhsinin sebagai donatur tetap dan donatur tidak tetap
    3. Usaha-usaha lain yang halal dan tidak mengikat
VIII.     Penutup
             Keberhasilan pengadaan Radio Flexi Suara Sunnah merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai umat Islam. Kepada segenap pihak yang telah membantu progam ini kami sampaikanjazakumullah khairan, terima kasih. Semoga Allah Subhana wa Ta’ala menerima amal ibadah kita serta melipatgandakan balasan di sisi-Nya atas jerih payah dan upaya yang kita lakukan

3 comments:

Tentang Ma'had ndak bisa dibuka..
(Dari Farid ibn hadi alkalyatani)

This comment has been removed by the author.

Bismillah. afwan untuk Ma'had Al Bayyinah Gresik sekarang menggunakan alamat web http://albayyinah-gresik.net

Post a Comment